Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)
Vol 10, No 1 (2021): April 2021

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PERSEPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG

Erma Lilis Suryani (Guru di Kabupaten Semarang)
Sudharto Sudharto (Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap persepsi kompetensi pedagogik guru, (2) mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap persepsi kompetensi pedagogik guru, (3) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah terhadap persepsi kompetensi pedagogik guru.          Populasi penelitian berjumlah 260 guru, sampel sebanyak 148 guru dengan teknik Propotional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, uji prasarat dengan uji normalitas, homogenitas, heteroskedastisitas, multikolonieritas dan linearitas. Uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana dan ganda diolah menggunakan SPSS 22.         Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan terhadap persepsi kompetensi pedagogik guru yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ =122,313 + 0,681X1dengan kekuatan korelasi 0,580 dengan kontribusi sebesar 33,6%. (2) terdapat pengaruh positif antara Supervisi Kepala Sekolah terhadap persepsi Kompetensi pedagogik guru yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ = 66.667+ 1.298X2 dengan kekuatan korelasi 0,855 dengan kontribusi sebesar 73,2%.(3) terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ = 51,709 +0,194X1+0,757X2 dengan kekuatan korelasi 0,872 dengan kontribusi sebesar 75,6%.         Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya penerapan gaya kepemimpinan yang disesuaikan tingkat kematangan guru terutama memberikan tanggung jawabdalam penyelesaian tugas dan diharapkan kepala sekolah melaksanakan supervisi secara efektif, sehingga kualitas pembelajaran meningkat, dengan demikian terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

urnal Manajemen Pendidikan (JMP). Published 3 times a year in April, August and December contains scientific papers on research and education management theory studies Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) published by Prodi Management Education PPs University PGRI Semarang. The editor receives ...