Jurnal Amal Pendidikan
Vol 2, No 2 (2021): Edisi Agustus 2021

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sri Debi (Universitas Halu Oleo)
Kadir Kadir (Universitas Halu Oleo)
La Masi (Universitas Halu Oleo)
Salim Salim (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Napabalano; dan (2) mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Napabalano. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Napabalano Tahun Ajaran 2019/2020 semester genap. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-E sebanyak 29 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dengan kriteria: (1) siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; (2) kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa berupa kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (3) siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran bersangkutan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel yang meliputi kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel, yaitu: kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi prasyarat sistem persamaan linear dua variabel, kurangnya pemahaman konsep siswa, dan siswa tidak dapat menyusun langkah-langkah yang sistematis dalam menyelesaikan soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...