Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

MENIGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMPN 1 ANGGABERI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MELALUI SUVERVISI KLINIS

-, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Guru sudah seharusnya selalu meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran, hal itu supaya pembelajaran yang dicapai akan berjalan secara optimal. Namun, hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Anggaberi menunjukkan terdapat berbagai masalah yang dialami guru yaitu (1) dalamĀ  menyusun administrasi pembelajaran banyak dilakukan copy paste (2) tidak dimanfaatkannya internet sebagai sumber referensi dalam menyusun administrasi pembelajaran, dan (3) guru tidak paham mengenai apa yang mereka tulis berkait administrasi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan kegiatan supervisi klinis berkaitan dengan administrasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap profesionalisme guru menyusun administrasi guru melalui kegiatan supervisi klinis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dalam hal ini digunakan untuk memperoleh data mengenai administrasi guru dalam menyusun RPP, sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh kompetensi dan pemahaman guru berkaitan dengan penyusunan RPP. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi profesionalisme guru dalam menyusun RPP tatap muka terbatas sebesar 26% setelah peneliti melaksanakan tindakan supervisi klinis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...