Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga administrasi terutama dalam pengelolaan administrasi sekolah. Tenaga administrasi sekolah berfungsi sebagai pengelola administrasi sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, persuratan/ pengarsipan, kesiswaan, kurikulum dan layanan khusus. Adapun subyek penelitian adalah tenaga administrasi sekolah SMP Negeri 2 Punggelan, sedang obyeknya adalah administrasi sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, kesiswaan, kurikulum dan layanan khusus.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Dalam penelitian tindakan sekolah ini menggunakan dua teknik analisis data dengan memperhatikan jenis data yang dikumpulkan, yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada kondisi awal tingkat kompetensi tenaga administrasi sekolah rata – rata 57,61% (Katagori Sangat Kurang), kompetensi tenaga administrasi sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah rata rata mengalami peningkatan dari 57,61% pada kondisi awal/pra siklus menjadi 72,94% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,83% (Katagori Baik) pada siklus II. Peningkatan rata – rata persentase kompetensi tenaga administrasi sekolah, dalam pengelolaan administrasi sekolah tidak lepas dari pembimbingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah.
Copyrights © 2021