Nobel Management Review
Vol 2 No 2 (2021): Nobel Management Review

Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Penerapan E-Filing Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Wahyuni Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh : Petama, sosialisasi perpajakan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepatuhan wajib pajak; Kedua, kualitas pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; Ketiga, penerapan e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan Keempat, sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara langsung kepada responden. Populasi dalam penelitian ini wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Selatan. Teknik sampel menggunakan Insidental sampling dengan menggunakan rumus Slovin maka total sampel adalah 100 orang wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Selatan. Analisis data dengan pendekatan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa : Pertama, sosialisasi perpajakan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepatuhan wajib pajak; Kedua, kualitas pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; Ketiga, penerapan e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan Keempat, sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. This study aims to examine the effect of: First, positive and significant socialization of taxation on taxpayer compliance; Second, the quality of Fiskus service has a positive and significant effect on taxpayer compliance; Third, the application of e-filing has a positive and significant effect on taxpayer compliance and Fourth, tax sanctions have a positive and significant effect on taxpayer compliance. This study uses quantitative methods with data collection in this study using questionnaires that were distributed directly to respondents. The population in this study is an individual taxpayer who is registered at the South Makassar KPP Pratama. The sampling technique used incidental sampling using the Slovin formula, so the total sample was 100 individual taxpayers registered at the South Makassar KPP Pratama. Data analysis with multiple linear regression approach. The results of the study found that: First, socialization of taxation has a positive and significant effect on taxpayer compliance; Second, the quality of Fiskus service has a positive and significant effect on taxpayer compliance; Third, the application of e-filing has a positive and significant effect on taxpayer compliance and Fourth, tax sanctions have a positive and significant effect on taxpayer compliance

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...