Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PEMBELAJARAN INTERACTIVE ENGAGEMENT BERBANTUAN VIDEO MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 SELEMADEG BARAT

I Gede, Suasta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran IE berbantuan Media video Pembelajaran dalam pembelajaran IPA kelas IX A SMPN 1 Selemadeg Barat tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data respon siswa dikumpulkan dengan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran IE berbantuan media video pembelajaran mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra PTK 70,94 meningkat menjadi 81,63 pada siklus I dan 84,75 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada pra PTK hanya mencapai 40,63%. Selanjutnya pada siklus I ketuntasan yang dicapai siswa meningkat menjadi 78,13%, dan pada pada siklus II ketuntasannya 87,50%. Hasil analisis respon siswa terhadap model pembelajaran IE berbantuan media video pembelajaran memperoleh rata-rata 61,44 (sangat positif). Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar model pembelajaran IE berbantuan media video pembelajaran dapat diterapkan pada kelas yang memiliki masalah serupa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...