Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengguanakan metode mind mapping pada mata kuliah morfologi. Penelitian ini dilakukan di STKIP Muhammadiayah Manokwari di semester III dengan jumlah mahasiswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disajikan sebagai berikut, sebanyak 5 orang atau 33% berkategori aktif, 10 orang atau 67% berkategori cukup aktif. Dapat disimpulkan bahwa keratifitas mahasiswa dengan menggunakn metode mind mapping berkategori cukup kreatif ddengan persentase 67% sehingga peran mind mapping dalam kreativutas mahasisiswa memiliki peran yang cukup besar. Kreativitas yang dimaksud, Mahasiswa mampu menganalisis pemahaman yang muncul dari fakta dan petunjuk yang diberikan, Mahasiswa dapat memaparkan konsep, sifat dalam memecahkan permasalahan pada mata kuliah morfologi, Mahasiwa mencetuskan sesuatu yang berbeda dengan lancar dan tepat, Mahasiswa mengembang sesuatu dari dosen/mahasiswa baik dan tepat.
Copyrights © 2021