Jurnal Bindo Sastra
Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Bindo Sastra

PERAN MIND MAPPING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MAHASISWA BAHASA INDONESIA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI DI MUHAMMADIYAH MANOKWARI

Syaputra, Juni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2021

Abstract

Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengguanakan metode mind mapping pada mata kuliah morfologi.  Penelitian ini dilakukan di STKIP Muhammadiayah Manokwari  di semester III dengan jumlah mahasiswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disajikan sebagai berikut, sebanyak 5 orang  atau 33% berkategori aktif, 10 orang atau 67% berkategori cukup aktif. Dapat disimpulkan bahwa keratifitas mahasiswa dengan menggunakn metode mind mapping berkategori cukup kreatif ddengan persentase 67% sehingga peran mind mapping dalam kreativutas mahasisiswa memiliki peran yang cukup besar. Kreativitas yang dimaksud, Mahasiswa mampu menganalisis pemahaman yang muncul dari fakta dan petunjuk yang diberikan, Mahasiswa dapat memaparkan  konsep, sifat dalam memecahkan permasalahan pada mata kuliah morfologi, Mahasiwa mencetuskan sesuatu yang berbeda dengan lancar dan tepat, Mahasiswa mengembang sesuatu dari dosen/mahasiswa baik dan tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bisastra

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and ...