Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 3 (2021)

DISKRIMINASI DAN SUPERIORITAS PEREMPUAN DALAM NASKAH DRAMA MEGA-MEGA KARYA ARIFIN C. NOER

Maya Fitrianingtyas (Universitas PGRI Madiun)
Bambang Eko Hari Cahyono (Universitas PGRI Madiun)
Dwi Rohmah Soleh (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Sastra dan tokoh perempuan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Perempuan menjadikan sastra menjadi lebih indah dan berwarna. Tokoh perempuan tersendiri menjadi sebuah pewangi di antara jalannya karya sastra yang beraneka, seperti pada hahlnya drama. Pada naskah drama Mega-mega karya Arifin C. Noer ini, aktivitas atau alur ceritanya menggambarkan banyak diskriminasi, selain itu tokoh perempuan menjadi sentral alur dan aktivitas semua adegan yang dilakukan dalam naskah dramanya. Tidak seperti nasib tokoh perempuan kebanyakan yang menderita di dalam karya sastra Indonesia yang lain, tokoh Mae dalam naskah drama ini mampu mendominasi aktivitas dan menjadi superior dalam kelompoknya, serta mendapat pengakuan dan posisi tersendiri. Tujuan penelitian ini berusaha mengungkapkan dan menjelaskan superioritas tokoh perempuan yang ada dalam naskah drama Mega-mega karya Arifin C. Noer. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deksriptif. Deskriptif kualitatif dalam penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengkaji unsur superioritas tokoh perempuan yang terdapat pada naskah drama Mega-Mega karya Arifin C. Noer. Langkah analisis data yang dilaksanakan antara lain 1) penyajian, 2) reduksi, dan 3) pengambilan kesimpulan. Hasil dari analisis yang dilakukan pada penelitian ini antara lain: 1) diskriminasi dan superioritas perempuan dalam bidang sosial dan 2) kekuasaan atau penguasaan perempuan dalam hal ekonomi.Kata kunci:  Diskriminasi, Superioritas, Naskah Drama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...