Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 3, No 1 (2021): Third Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KUALITAS BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII MTsN 4 JOMBANG

Ainur Rosyidah (Unknown)
. Nurwiani (Unknown)
Abd. Rozak (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan: (1) kualitas belajar matematika subjek laki-laki kelas VIII MTsN 4 Jombang, (2) kualitas belajar matematika subjek perempuan kelas VIII MTsN 4 Jombang. Subjek penelitian adalah 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Penentuan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: (1) kualitas belajar matematika subjek laki-laki kelas VIII MTsN 4 Jombang yaitu: Pada indikator mengetahui  hasil belajar ranah kognitif, subjek  menuliskan yang diketahui  dan   ditanya pada soal yang diberikan, Pada persiapan hasil belajar ranah psikomotor subjek menggunakan alat yang digunakan untuk mengerjakan soal, dan pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki sikap tanggung jawab yaitu subjek segera mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Pada  indikator memahami hasil belajar ranah kognitif subjek menuliskan model matematika dari soal yang diberikan, pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki sikap tanggung jawab yaitu subjek memeriksa kembali hasil pekerjaannya, subjek memiliki sikap jujur karena subjek mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri. Selain itu subjek juga memiliki sikap percaya diri subjek berani bertanya ketika ada pernyataan yang kurang jelas pada soal. Pada indikator menerapkan  hasil belajar ranah kognitif, subjek melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal, pada proses hasil belajar ranah psikomotor subjek mengoperasikan cara menentukan titik koordinat, subjek menggambar bidang koordinat cartesius tetapi subjek lupa tidak menempatkan atau menuliskan titik koordinat pada bidang koordinat cartesius dari masing-masing persamaan, subjek menggabungkan 2 titik koordinat dan membuat garis lurus  dari masing-masing persamaan, kemudian subjek menempatkan titik potong dari 2 persamaan, tetapi subjek kurang percaya diri pada  hasil belajar ranah afektif subjek tidak mengerjakan tugas dengan lengkap dan tepat. Pada indikator mengevaluasi/menyimpulkan  hasil belajar ranah kognitif subjek menyimpulkan hasil penyelesaian soal, pada hasil belajar ranah psikomotor subjek dapat menggambar grafik dengan rapi dan jelas, dan pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki sikap disiplin yaitu subjek  mengumpulkan tugas tepat waktu. (2) kualitas belajar matematika subjek perempuan kelas VIII MTsN 4 Jombang yaitu: Pada indikator mengetahui  hasil belajar ranah kognitif, subjek menuliskan yang diketahui  dan  ditanya dari soal yang diberikan, pada persiapan hasil belajar ranah psikomotor subjek menggunakan alat untuk mengerjakan soal, dan pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki rasa tanggung jawab yaitu subjek segera mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Pada indikator  memahami hasil belajar ranah kognitif subjek menuliskan model matematika dari soal yang diberikan, pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki sikap tanggung jawab yaitu subjek memeriksa kembali hasil pekerjaanya, subjek memiliki sikap jujur karena subjek mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri, dan subjek juga memiliki sikap percaya diri, subjek berani bertanya ketika ada pernyataan yang kurang jelas pada soal. Pada indikator menerapkan hasil belajar ranah kognitif subjek melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal, pada proses hasil belajar ranah psikomotor  subjek mengoperasikan cara menentukan titik koordinat, subjek menggambar bidang koordinat cartesius, subjek menempatkan titik koordinat pada bidang koordinat cartesius dari masing-masing persamaan, kemudian subjek menggabungkan 2 titik koordinat dan membuat garis lurus  dari masing-masing persamaan, dan subjek menempatkan titik potong dari 2 persamaan. Pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki sikap percaya diri yaitu subjek mengerjakan tugas  dengan lengkap dan tepat. Pada indikator mengevaluasi/menyimpulkan pada hasil belajar ranah kognitif, subjek menyimpulkan hasil penyelesaian soal, pada hasil belajar ranah psikomotor subjek dapat menggambar grafik dengan rapi dan jelas, sementara pada hasil belajar ranah afektif subjek memiliki sikap disiplin yaitu subjek mengumpulkan tugas tepat waktu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...