Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 2 No 2 (2020): Pengelolaan Pendidikan Islam: Pendekatan Spiritual, Sosial, dan Ekonomi untuk Pen

KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA

Rafsanjani, Mohammad Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren sebagai madrasah berada di kawasan pondok pesantren yang menjadi salah satu pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren. Minimnya ruangan kelas dan over capacity siswa di kelas. Sehinga kemampuan pedagogik pendidik sangat berperan untuk mnegelola kelas dengan tepat dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi pedagogik pendidik dalam pengelolaan kelas, untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam belajar dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan kedisiplinan siswa disebabkan dengan adanya proses belajar mengajar yang kondusif dan efektif. Kemampuan pedagogik pendidik dalam mengelola kelas pada saat proses belajar mengajar sangat berperan. Bahkan jika kelas tersebut tidak dapat dikelola dengan baik maka dampaknya banyak siswa yang melanggar ketertiban sekolah. Dan faktor penghambat utama adalah kurang disiplinnya siswa dan minimnya fasilitas dan sarana sekolah sedangkan faktor pendukungnya adalah kerjasama tim antar pendidik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...