Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun

Devi Dwi Puspita Sari (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas negeri Yogyakarta)
Arif Rohman (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Model pembelajaran discovery learning adalah satu pendekatan mengajar dimana guru memberi peserta didik contoh˗contoh topik spesifik dan memandu peserta didik untuk memahami topik tersebut (Kauchak, 2012: 177). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Discovery terhadap anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Sedangkan tahapan pada penelitian ini diantaranya yaitu analyze, design dan develop. Pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapan dikarenakan kondisi pandemi yang mengharuskan masih banyak lembaga yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan via daring, sehingga peneliti mengalami kesulitan dalam kegiatan penelitian. Penelitian ini dilakukan di RA Al Amanah dengan subjek 20 anak. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu untuk mengkuji keevektifan produk dengan menggunakan Wilcoxon Rank Test dengan hasil signifikasi 0,005. Pada penelitian ini mendapat penilaian dari ahli materi yang menunjukkan hasil yaitu 86% yang berarti “sangat layak”. Sedangkan penilaian dari ahli media yang menunjukkan hasil yaitu 72% yang berarti “sangat layak”. Dari penilaian para ahli media dan ahli materi maka dapat disimpulkan bahwa produk model pembelajaran Discovery terhadap anak usia 4-5 tahun bisa diterima . dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebuah rekomondasi untuk dijadikan peneltian lanjutan untuk mengidentifikasi secara empiris mengenai model pembelajaran Discovery untuk anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Kemampuan Kemandirian

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...