Jurnal Minda
Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun

PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK CITA-CITAKU BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2018-2019

Fitria Meilina (universitas karimun)
Rezita Fauziah Putri Siregar (Universitas Karimun)
Fadli Surahman (Universitas Karimun)
Tisrin Maulina Dewi (Universitas Karimun)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa dalam proses pembelajaran masih bergantung pada guru sehingga dalam proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran cenderung hanya menggunakan buku paket pegangan utama saja yaitu buku paket tematik adapun media buku lainnya tidak relevan dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian pengembangan modul tematik cita-citaku ini mengacu pada Research and Develoment (R&D). Terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian pengembangan akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan terbatas tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan peneliti. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan ‟sangat baik/sangat layak” pesentase rata-rata 91%. Hasil validasi oleh ahli desain kriteria ‟sangat baik/sangat layak” pesentase rata-rata 82%, Hasil respon guru dengan kriteria ‟sangat membantu” pesentase rata-rata 3,7%. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal kriteria ‟baik” pesentase rata-rata 78%, Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok kecil dengan kriteria ‟baik” pesentase rata-rata 80% dan Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok terbatas dengan kriteria ‟sangat baik” pesentase rata-rata 83% .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mindafkip

Publisher

Subject

Education

Description

skop Jurnal MINDA yaitu Dunia Pendidikan Umum dan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal MINDA diterbitkan 2 kali dalam setahun (Oktober dan ...