Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 8 (2021): Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar

MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN MEKARSARI 05 TAMBUN SELATAN KABUPETEN BEKASI TAHUN 2017

SUHARTINI, HENI (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran di SDN Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupeten Bekasi di tahun 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), Tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara observasi dan penilaian langsung terhadap peningkatan kinerja guru kelas, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, kualitatif. Pada siklus I pertemuan 1 kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran berada pada persentase 42,59%, dan siklus I pertemuan 2 kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran berada pada persentase 51,85% hasil ini masih jauh dari target minimal ≥70% sehingga perlu dilakukan siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 terjadi peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran menjadi 66,67% dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran menjadi 83,33%, hasil ini telah melebihi dari target yang ingin di capai yaitu peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran minimal ≥70%. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa upaya peningkatan peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran telah berhasil dan dapat diterapkan di SDN Mekarsari 09 Tambun Selatan Kabupeten Bekasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogiana

Publisher

Subject

Other

Description

Pedagogiana Jurnal Pendidikan Dasar is published twice a year in April and Mei online writing conceptual notions studies and application of theories practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education. The Jurnal Pedagogiana is published by the ...