Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2021)

Isu Perempuan dalam Antologi Cerpen Catatan Hati Seorang Gadis Karya Asma Nadia dan Kawan-Kawan

Mochamad Rido Rizki Ahad (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
David Setiadi (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Asep Firdaus (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Isu perempuan merupakan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan perempuan. Di antara isu perempuan yang sering dibahas adalah kekerasan yang dialami oleh perempuan dari pihak laki-laki. Kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk apapun juga termasuk dalam kajian kritik sastra feminis. Isu tentang perempuan juga menjadi tema karya-karya sastra cerpen melalui dinamika ceritanya. Untuk mengetahui hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu perempuan yang ada dalam karya sastra cerpen yang ditulis oleh Asma Nadia dan kawan-kawan dalam antologi cerpen yang berjudul Catatan Hati Seorang Gadis. Adapun cerpen yang dipilih adalah cerpen “Demi Baju, Kosmetik, dan Penampilan” karya Embun Sabana, “Semakin Kau Berikan, Semakin Kehilangan” karya Asma Nadia, dan “Bunga Yang Layu” karya Diana W. Penelitian ini mendeskripsikan permasalahan tentang isu perempuan berupa kekerasan fisik, seksual, dan psikis yang dialami oleh tokoh-tokoh perempuan yang ada dalam masing-masing cerpen. Berdasarkan penelitian ini ditemukan isu perempuan berupa kekerasan fisik, seksual, dan psikis yang menjadi gambaran dari bentuk sikap patriarki terhadap perempuan dalam kehidupan sosial yang tergambar dalam masing-masing cerpen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...