HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 38 No 2 (2021): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran

PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 24 SURABAYA

Achmadi, Adam (Unknown)
Lianawati, Ayong (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kedisiplinan belajar pada siswa kelas IX yang masih tergolong rendah di masa pandemi covid-19. Rendahnya tingkat kedisiplinan belajar siswa disebabkan karena faktor internal seperti kognitif, motivasi, dan minat belajar siswa, serta faktor eksternal yakni lingkungan, keluarga dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 24 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas IX A SMP Negeri 24 Surabaya terdiri atas 40 orang dan sampel penelitian berjumlah 10 orang dari hasil pengkategorian kelas sangat rendah dan rendah. Kategori kelas dibedakan berdasarkan nilai sangat rendah sebesar 15%, nilai kategori rendah sebesar 10%, nilai kategori sedang sebesar 25%, kategori nilai tinggi sebesar 43%, dan kategori nilai sangat tinggi sebesar 7,50%. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner, kuisioner penelitian disebarkan melalui googleform. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dengan uji wilcoxon pada SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kedisiplinan belajar dari hasil Asymp.Sig SPSS sebesar 0,005 yang kurang dari taraf signifikan (0,05) dapat diartikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, diartikan bahwa adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa pada penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...