Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 3 No. 01 (2021): Agustus

Pengembangan Buku Saku IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI

Fembriani Fembriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Pengembangan buku saku IPA untuk siswa kelas VI di sekolah dasar diharapkan akan memberikan manfaat besar untuk siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dan pembelajaran di kelas yang terbatas pertemuan antara guru dan siswa karena situasi pandemic covid 19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan efektifitas buku saku IPA untuk siswa kelas 6 SD N Tesabela. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Riset and Development (RnD)  dengan menggunakan bentuk desain penelitian One –Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian statistik yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku saku IPA terbukti valid dan efektif untuk digunakan. Valid dengan 4 validator buku ajar. Dengan nilai dari masing-masing validator dalam kategori baik Dan dalam bentuk tesnya terbukti valid dengan 20 soal evaluasi dengan nilai seluruh r hitung lebih bedar dari r tabel. Serta Buku saku IPA dikatakan efektif dengan nilai uji t bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 5,70>1,70, hal ini berarti Buku saku IPA SD valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...