Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LEREPKEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Wijiatmiko, Anjar (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SD Negeri Lerepkebumen Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun 2019/2020 yang terdiri dari 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.  Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85,89%, siklus II sebesar 91,02%, dan siklus III sebesar 94,87%. Jadi, model Quantum Teaching dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...