Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Application Of Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Methods To Improve Reading Skills

Ayu Prasetyaningrum (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo Lor tahun ajaran 2020/2021  dengan menerapkan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pelaksanaan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.  Subjek yang diteliti adalah guru dan 15 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo Lor tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo Lor tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...