Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 2 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Strategi Actually, Intelectually, and Repetition Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Supartini, Supartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan : (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe AIR ( Auditory, Intellectualy, and Repetition ) dalam materi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia pada kelas V SDN 3 Mlopoharjo, Wuryantoro tahun pelajaran 2018/2019. (2) Minat belajar siswa, setelah diterapkan strategi pembelajaran tipe AIR ( Auditory, Intellectualy, and Repetition ) dalam materi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia pada kelas V SDN 3 Mlopoharjo, Wuryantoro tahun pelajaran 2018/2019. (3) Hasil belajar dalam materi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia dalam materi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia setelah diterapkan strategi pembelajaran tipe AIR ( Auditory, Intellectualy, and Repetition ) Sesuai dengan tujuan, maka penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe AIR (Auditory, Intellectualy, and Repetition ) dalam materi peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Mlopoharjo, Wuryantoro tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 4 siswa, terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi: pengamatan atau observasi, wawancara, kajian dokumen, catatan lapangan, dan tes. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan simpulan sebagai berikut : (1) Ada peningkatan pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered. (2) Ada peningkatan minat belajar siswa dari prasiklus 25%, siklus I 75%, siklus II 100%. (3) Ada peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus 25%, siklus II 50% dan siklus II 75%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...