Al Tarbawi Al Haditsah
Vol 2, No 2 (2017)

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP3 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) VETERAN CIREBON

Uun Jamilatun Sadiyah (Unknown)
Nawawi Nawawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan pengamatan yang penulis lakukan selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tanggal 27 September 2016 terhadap proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X AP3 SMK Veteran Cirebon, guru sudah berusaha maksimal dalam menyampaikan materi dengan baik, tetapi keinginan atau hasil belajar siswa masih kurang pada pembelajaran PAI dikarenakan metode yang diterapkan hanya ceramah yang menyebabkan siswa hanya duduk diam, mendengar, mencatat dan menghafal dan tidak dibiasakan untuk belajar aktif, selain itu masih ditemukan siswa yang memiliki nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X AP3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Veteran Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan Metode Picture And Picture dan apakah ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PAI setelah meggunakan Metode Picture And Picture.            Metode Pembelajaran Picture And Picture siswa diperlakukan sebagai subjek pembelajaran secara aktif, pembelajaran ini merupakan suatu pembelajaran yang lebih menitik beratkan pada upaya pemberdayaan peserta didik pada saat melaksanakan proses pembelajaran. Metode Picture And Picture sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message) merangsang pikiran, perasaan perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Sedangkan hasil belajar siswa sendiri adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai telah sesuai dengan tujuan yang dikehendaki melalui evaluasiPenelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data, dalam penelitian ini menggunakan tes, kuesioner (angket), observasi, dokumentasi dan wawncara. Teknik analisis data melalui dua tahap yaitu analisis deskriptif dan analisa product moment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AP3 , guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan beberapa guru lainnya.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) hasil belajar siswa kelas X AP3 sebelum menggunakan Metode Picture And Picture dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai 60. 2) hasil belajar siswa kelas X AP3 sesudah menggunakan Metode Picture And Picture terdapat peningkatan dengan rata-rata nilai 87 termasuk dalam kategori tinggi. 3) adanya korelasi atau pengaruh Metode Picture And Picture terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X AP3 sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Veteran Cirebon.  Kata Kunci: Metode Picture And Picture Dan Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. fokus ...