cover
Contact Name
Siti Maryam Munjiat
Contact Email
sitimaryammunjiat@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sitimaryammunjiat@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Al Tarbawi Al Haditsah
ISSN : 24076805     EISSN : 25806505     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik Pembelajaran, media dan desain pembelajaran hingga materi dan kurikulum pembelajaran pendidikan agama islam. AL-TARBAWI AL-HADITSAH menganut standar publikasi berkala ilmiah nasional.
Arjuna Subject : -
Articles 190 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PAKET KURTILA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON Atun Shofiyatun; Nurlela Nurlela; Nawawi Nawawi
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1234

Abstract

Buku paket Kurtilas Akidah Akhlak bisa diartikan lembaran-lembaran yang digunakan oleh peserta didik sebagai pedoman dalam proses pembelajara, serta berisi tugas yang dikerjakan oleh peserta didik baik berupa soal maupun kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik. Prinsipnya buku paket Akidah Akhlak kurtilas tidak dinilai sebagai dasar perhitungan rapot, tetapi hanya diberi penguat bagi yang berhasil menyelesaikan tugasnya serta diberi bimbingan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan, mengandung permasalahan sehingga peserta didik dapat mengembangkan pola pikir mereka dengan memecahkan permasalahan tersebut. Buku Paket Kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu media pengajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar diMTs Al-Hidayah Dukupuntang. Diharapkan penggunaan buku kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang.Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku paket kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak, prestasi belajar yang  diperoleh siswa kelas VII serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kedua variabel tersebut.Kerangka pemikiran skripsi ini adalah bahwa media pengajaran berupa Buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.Metode penelitian skripsi ini adalah metode penilitian kuantitatif dengan mendekatkan empirik dan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak tergolong baik, tebukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 70,31% (Baik), prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Dukupuntang tergolong cukup, tebukti dari hasil raport yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 73,07% (Cukup). Dan adapun pengaruh buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Dukupuntang menunjukan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai korelasi sebesar 0,001 pada penilitian produc moment yang berada pada jarak 0.000-0.200 dengan korelasi sangat rendah.Kata Kunci :kurtilas, aqidah akhlak
Mengembangkan Paradigma Integratif-Interkonektif Dalam Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi (Pendekatan Interdisipliner Dalam Studi Islam Fithria Rifatul Azizah
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 2 (2019): PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN DALAM ISLAM
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v4i2.5181

Abstract

Perkembangan Studi Islam di Indonesia dimulai dengan sistem langgar, sistem pesantren, dan sistem pendidikan kerajaan. Kemudian di abad ke-20 mulai muncul lembaga pendidikan berupa madrasah atau sekolah yang dikelola oleh organisasi Islam. Seiring perkembangan Pendidikan Islam dari zaman dulu hingga sekarang, fakta menunjukkan bahwa sebagian besar perguruan tinggi Islam masih mengikuti platform keilmuwan klasik yang didominasi al-ulum al-syar’i. Kritik demi kritik bermunculan karena selama ini ilmu-ilmu keislaman yang berkembang hanya bersifat fragmenteris dan belum memiliki keterkaitan dengan isu-isu kekinian. Sementara di abad ke-21 ini segala sesuatunya banyak didominasi oleh ilmu pengetahuan (khususnya sains). Sehingga dapat dikatakan maju dan mundurnya masyarakat masa kini maupun masa depan banyak dipengaruhi oleh penguasaan dan kemajuan sains. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat muslim Indonesia. Penelitian ini berupa meta deskripsi mengenai implementasi paradigma integratif – interkonektif dalam pendidikan Islam di Perguruan Tinggi Islam yang sudah lebih dulu dikembangkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari pengembangan paradigma integratif – interkonektif di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa aspek berikut, seperti dalam pedoman akademik, sarpras, laboratorium agama, laboratorium sains dan lain-lain.Kata Kunci : Integrasi – Interkoneksi, Studi Islam, Pendidikan Islam, Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI)
Media Daring dan Kuantitas Pemberian Tugas Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Juhji Juhji; Moch Syamsuri Rachman; Nurjaya Nurjaya
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 5, No 2 (2020): Pendidikan Islam dan Pembelajaran Daring
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v5i2.6802

Abstract

The research aims to analyze the influence of online media and the number of lecture assignments on the learning satisfaction of Islamic Education students. The research method uses ex-post facto, conducted on 138 Islamic Religious Education students in the academic year 2019/2020. The data is retrieved through a Google Form that is distributed to all students. Validity and reliability tests are carried out on research instruments. Normality and Homogeneity testing is performed as a prerequisite for further tests. The data is analyzed through the help of SPSS 16.0. The results showed that the number of assignments and online media simultaneously proved not to affect student learning satisfaction. Other factors affect student learning satisfaction. This research recommends that further research be conducted related to student learning satisfaction.
PERAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER USIA REMAJA Siti Maryam Munjiat
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2954

Abstract

ABSTRAKMasa remaja merupakan masa perkembangan anak yang digolongkan dalam tingkat pendidikan masa usia MTs-MA, kemudian digolongkan lagi menjadi remaja awal umur 12-15 dan remaja akhir umur 15-20, seperti dikutip dari BKKBN. Dari penggolongan ini bahwa masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja yang secara psikologi masa remaja merupakan masa perkembangan, di mana anak sudah belajar membuat pilihan dan menentukannya. Penentuan pilihan dan keinginan si anak membutuhkan pendamping untuk mengawal perjalanan si anak tersebut baik berupa keluarga, masyarakat sekitar serta suplemen lain berupa bacaan dan pemerolehan pengetahuan yang didapat. Banyak remaja terjebak pada pilihan dan keinginannya yang selalu harus dipenuhi kemudian lepas kendali dan diklaim jelek oleh norma masyarakat dan agama. Pada masa remaja juga menampilkan indikator karakter yang belum mapan sedangkan kemapanan karakter terlihat setelah ada pembiasaan sikap dan perilaku yang dibarengi kontrol keluarga dan sosial serta realisasi dari pengetahuan baik umum maupun agama dalam keseharian (internalisasi). Kontribusi agama dalam menentukan sikap dan perilaku juga sangat signifikan yang kemudian dinamakan etika, akhlaq, dan karakter. Tidak ada agama yang mengajarkan kejelekan atau keburukan sikap. Islam merupakan agama yang disepakati sebagai agama kompilasi dari agama-agama pendahulunya yang terangkum dalam al-Quran dan dijelaskan Hadis Nabi. Kata Kunci: Karakter, Remaja, dan Pendidikan Islam
PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK TERPUJI REMAJA USIA 13-17 TAHUN DI RW 15 KELURAHAN KALIJAGA KECAMATAN HATJAMUKTI KOTA CIREBON Khusnan Khusnan; Nurlela Nurlela; Wawan A Ridwan
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2019): Inovasi Pembelajaran PAI di Era Digital
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.3828

Abstract

Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan di RW 15 Kelurahan Kalijaga, diketahui bahwasannya remaja dianjurkan untuk mengamalkan akhlak mahmudah terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk keteladanan orang tua terhadap remaja. Pembinaan keteladanan orang tua dapat mempengaruhi baik atau buruknya akhalak remaja, karena remaja akan meniru tauladan orang tuanya, orang tua menjadi subjek teladan atau yang menjadikan dirinya sebagai contoh nyata yang dapat di tiru bagi anaknya, apabila orang tua memberi akhlak yang tidak baik maka seorang anak akan menjadi tidak baik, dan sebaliknya apabila orang tua memberi tauladan yang baik maka anakpun akan menjadi baik. akan tetapi dari sekian banyak remaja yang memiliki akhlak mahmudah/ baik terhadap orang tua, akan tetapi masih dapat ditemukan remaja yang kurang memiliki akhlak mahmudah/ baik terhadap orang tua. Seperti masih terdapat sebagian remaja yang melawan orang tua, jarang melaksanakan sholat, bolos mengaji, tidak berjamaah dan lain sebagainya. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Mengetahui apakah keteladanan orang tua di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon 2) Mengetahui apakah akhlak terpuji remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh keteladanan orang tua terhadap akhlak terpuji remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa keteladanan orang tua bertujuan sebagai pembentukan akhlak yang salah satunya adalah akhlak mahmudah terhadap akhlak remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah: 1) Observasi, 2) angket dan 3) dokumentasi, hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi dengan menggunakan perhitungan product moment. Berdasarkan penelitian ini tentang variabel X (keteladanan orang tua) dan variabel Y (akhlak remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon), setelah dibuktikan dan dianalisis dengan hasil persetujuan kategori tinggi dan rendah, korelasi product moment menunjukkan nilai yang positif yaitu 0, 631. Diketahui rhitung 0, 631 berada di atas rtabel sebesar 0, 338. Oleh karena itu, hipotesis di atas secara statistik diterima (Ha), yang berarti ada hubungan yang cukup signifikan antara keteladanan orang tua dengan akhlak terpuji remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.
Asbab al-wurud dan Urgensinya dalam Pendidikan Widia Putri
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 5, No 1 (2020): Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v5i1.5885

Abstract

Hadis Nabi merupakan salah satu dari dua sumber Islam yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kokohnya bangunan Islam. Mengetahui asbab al-wurud dalam ilmu hadis sama pentingnya dalam mengetahui asbab an-nuzul dalam al-Qur’an, yang mana keduanya sama-sama menjadi ruh kontekstual dari sebuah peristiwa. Asbab al-wurud menjadi kajian yang sangat penting dalam pembahasan hadis, dikarenakan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam menangkap maksud dari suatu hadis. Pemahaman yang mengabaikan asbab al-wurud suatu hadis, lebih cenderung terjebak pada arti tekstualnya saja bahkan dapat membawa pemahaman yang keliru. Memahami teks suatu hadis tidak terlepas dari analisis mendalam terhadap konteksnya. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena konteks telah memproduksi teks. Oleh karena itu kajian asbab al-wurud ini merupakan cara yang paling baik untuk memahami makna hadis dengan tepat dan benar. Dalam kajian ini juga dipaparkan pentingnya mengetahui asbab al-wurud, cara mengetahui asbab al-wurud, dan klasifikasi asbab al-wurud yang terdiri atas ayat Al-Qur’an, hadis, sebab yang berupa perkara yang berkaitan dengan para sahabat yang mendengar hadis tersebut dan pentingnya asbabul wurud dalam pendidikan.
KRITIK DAN SYARAH HADITS Darrotul Jannah
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v2i1.2072

Abstract

Sejak zaman Rasulullah pendidikan jasmani dan keterampilan telah ada,bahkan sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Keterampilan yang dianjurkan Rasulullah semisal memanah, berkuda, lari, dan sebagainya. Hadis induk dari pembahasan tentang pendidikan jasmani dan keterampilan adalah riwayat an-Nasa’i no.hadis 3522 kemudian diperkuat oleh hadis-hadis lainnya, yaitu riwayat Imam Ahmad Bin Hanbal no.hadis 16683, riwayat Ahmad bin Hanbal no.hadis 16697, riwayat Imam Abu Daud no.hadis 2152, dan riwayat ad-Darimi no.hadis 2298. jalur dan kualitas rawi hadis tentang hadis di atas dapat diketahui semua rawi hadis melalui jalur sahabat Uqbah bin Amir dalam sunan Nasa’i no. Hadis 3522 dan dalam riwayat Ahmad no. Hadis 16683, Ahmad no. Hadis 16697 tersebut dinilai siqah, dan sunan Abu Daud no. Hadis 2152 Darimi no. Hadis 2298 juga dinilai siqah. serta tidak ada jarh (celaan) terhadap mereka shingga hadisnya dapat diterima oleh rawi-rawi lainnya. Kata Kunci: Kritik dan Hadits 
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TASAWUF Suteja Suteja
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1225

Abstract

Sebagian masyarakat di kota-kota besar sekarang ini, mereka mulai tertarik untuk mempelajari dan mempraktikkan pola hidup sufistik.Hal ini dapat dilihat dari banjirnya buku-buku tasawuf di tokok-toko buku, bermunculannya kajian-kajian tasawuf dan maraknya tayangan-tayangan, televisi dan radio.Fenomena ini menunjukkan bahwa ternyata agama telah dibawa untuk hidup di wilayah industri dan digitalisasi. Kitab suci masuk ruang internet, diolah ke dalam MP3, pesantren virtual, dan lain-lain.Fenomena ini makin menarik dikaji mengingat betapa pongahnya masyarakat modern ketika puncak kehidupannya yang rasional, empiris telah membawa mereka ke puncak peradaban.Peradaban modern yang berkembang di Barat sejak zaman renaissance adalah sebuah eksperimen yang telah mengalami kegagalan sedemikian parahnya, sehingga umat manusia menjadi ragu akan pertanyaan apakah mereka dapat menemukan cara-cara lain di masa yang akan datang.Akibat dari fenomena di atas, masyarakat Barat, yang sering digolongkan the post industrial society, suatu masyarakat yang telah mencapai tingkat kemakmuran materi sedemikian rupa dengan perangkat teknologi yang serba mekanis dan otomat. Bukannya semakin mendekati kebahagian hidup, melainkan sebaliknya, kian dihinggapi rasa cemas  akibat kemewahan hidup yang diraihnya. Mereka telah menjadi pemuja ilmu dan teknologi, sehingga tanpa disadari integritas kemanusiaannya tereduksi, lalu terperangkap pada jaringan sistem rasionalitas teknologi yang sangat tidak human.Faktor yang paling penting dalam membangun dan membuat identitas muslim masa kini adalah system pendidikan Islam tradisional, sepeti yang diteladankan kaum sufi.  Indonesia mencatat betapa besar pengaruh tasawuf kedalam dunia pendidikan sebelum masa kemerdekaan.Pengaruh tasawuf sudah sejak lama memasuki lembaga-lembaga pendidikan seperti Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Jami’at Khair, Madrasah al-Khaerat, Nahdhatul Ulama dan Pesantren.Kini saatnya Lembaga Pendidikan Islam mensosialisasikan dan menginternasikan  dimensi batiniah Islam kepada peserta didik (murid, tholib) sebagai alternatif.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Tasawuf, Manusia Modern
Hadist tentang Masa dan Rentang waktu dalam pendidikan saiful bahri
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 6, No 1 (2021): Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v6i1.8049

Abstract

The concept of fitrah is a potential innate for humans that can be actualized through their environment and an educational process that can shape personality and spiritual values for children. Understand that family is the starting door for children in facing various dynamics of children's life later. Besides that regarding the hadith commandments to pray, of course we understand that children aged 7 years old can already order to do various activities, in the text of the hadith only explains to pray, but further than that we must understand contextually that it is not only prayer that is ordered, but also fasting and other sciences, this is so that children get used to him doing it when he turns 10 years old and until he is an adult. actually education or studying is unlimited means for life, as long as we are able and able to continue to study and practice and give to others as caliphs on this earth, in the process of our education as servants of Allah will continue continuously to demand and study it, and is not limited by time, distance and period like formal education has developed so far. however, it needs to be emphasized here that it is a necessity for the role of parents to play an active role in the family in the process of fostering, character building and others for children as the initial foundation in receiving knowledge and its development
PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN REMAJA USIA 13-17 TAHUN DI RW 08 CADAS NGAMPAR KELURAHAN ARGASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON Dalilul Fatikhah; Suklani Suklani; Mahfud Mahfud
Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2: Pendidikan Karakter
Publisher : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruann, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/tarbawi.v3i2.3485

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki latar belakang dengan ditemukannya perilaku sopan santun remaja yang sudah sesuai harapan, karena kebanyakan para orang tua menerapkan pola asuh demokratis dalam mendidik anak-anaknya, dan sopan santun remaja di RW 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon sudah dikatakan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh data tentang pola asuh demokratis yang diterapkan para orang tua, perilaku sopan santun remaja Cadas Ngampar  berperilaku baik, hubungan antara Pengaruh Pola Asuh Demokratis  Orang Tua Terhadap Perilaku Sopan Santun Remaja Usia 13-17 Tahun Di RW 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dan uji korelasi.Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Perilaku Sopan Santun Remaja di RW Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon dalam kategori  Baik dengan skor sebesar 75.7% karena berada pada rentang prosentase antara 75% - 100%. Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Perilaku Sopan Santun Remaja Usia 13-17 Tahun di RW 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon terdapat nilai cukup tinggi karena berada pada interval 0,40 – 0,70 dengan nilai rxy = 00,630. Dengan demikian ada variabel lain yang lebih memiliki hubungan dengan perilaku sopan santun remaja..

Page 1 of 19 | Total Record : 190