Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak dengan teknik quantum writing siswa kelas VIII-A SMP HKBP Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Pelaksanaan dalam penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis naskah drama pada siswa yang masih rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes serta dokumentasi foto. Instrumen penelitian ini yang digunakan meliputi lembar penilaian menulis siswa, dan dokumentasi foto. Data yang terkumpul yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama satu babak dengan teknik quantum writing dalam bentuk pelaksanaan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan dengan sempel bertujuan (purposive sampel) pada 23 siswa VIII-A SMP HKBP Medan.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa menulis naskah drama satu babak setelah menggunakan teknik quantum writing.Hasil penilaian siklus I memperoleh nilai rata-rata 69.13% dan meningkat menjadi 81.95 pada siklus II.Dilihat dari presentasi ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 65.21% meningkat pada siklus II 86.95%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunkan teknik quantum writing dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII-A SMP HKBP Medan. Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis Naskah Drama, Quantum Writing, SMP HKBP Medan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021