Abstrak-Penelitian kualitatif ini melatarbelakangi cara peserta didik dalam membentuk pemikiran tentang dunia melalui keterampilan membaca. Kurikulum di sekolah digolongkan menjadi empat, yakni keterampilan menyimak atau mendengar atau disebut listening skills, keterampilan berbicara yang disebut speaking skills, keterampilan membaca disebut reading skills, dan keterampilan menulis yang disebut dengan writing skills. Setiap keterampilan tersebut berkaitan satu dengan yang lainnya dikarenakan proses-proses berpikir peserta didik mendasari bahasa.Bahasa yang diucapkan oleh peserta didik mencerminkan isi pikirannya.Semakin terampil peserta didik dalam berbahasa maka semakin baik dan jelas jalan pikirannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menulis teks puisi dan menulis teks eksposisi serta membaca buku fiksi atau buku non fiksi membuat peserta didik mengembangkan inovasi serta potensi yang dimilikinya. Kata kunci: bahasa, keterampilan membaca
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021