INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 6, No 1 (2017): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

DISCOVERY PADA FUNGI BERBASIS GUIDED PROJECT

Christine Noverima Prasasti Hujianti (Unknown)
Sajidan Sajidan (Unknown)
Maridi Maridi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik model pembelajaran Discovery Based guided Project, 2) kelayakan model pembelajaran Discovery Based guided Project, dan 3) keefektifan model pembelajaran Discovery Based guided Project tehadap hasil belajar pada materi fungi siswa SMA Negeri Karangpandan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R & D) mengacu pada model Gall, Borg, and Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi sembilan tahap. Responden pengembangan meliputi respon uji coba lapangan awal berjumlah 3 validator dan 2 praktisi, respon uji coba lapangan terbatas berjumlah 10 siswa, dan responden uji lapangan operasional berjumlah 36 siswa kelas existing class, 38 siswa modeling class. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Uji coba lapangan operasional menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design dan hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji t (t test). Hasil penelitian diperoleh: 1) model yang dikembangkan mengacu pada model Gall, Borg, and Gall (1983) dan model pembelajaran  Discovery based guided project terdapat sembilan sintak pembelajaran; 2) hasil pengembangan model pembelajaran  Discovery based guided project yang diperoleh dari ahli, praktisi, dan siswa masuk kedalam kategori baik, sehingga model pembelajaran  Discovery based guided project layak digunakan sebagai model pembelajaran; 3) Hasil efektivitas model pembelajaran  Discovery based guided project pada materi fungi terdapat kenaikan hasil belajar, dengan demikian model pembelajaran  Discovery based guided project efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model yang telah dikembangkan dan diuji cobakan memperoleh hasil yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...