Unisaedu : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 1 (2020): UNISAedu vol 4 no 1 2020

Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan Model Kooperatif Jigsaw

Aan Pathiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran IPA dengan model kooperatif jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa SMAN 5 Cirebon dengan menggunakan empat komponen pokok dari penelitian tindakan kelas (classroom action research), yakni perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata di masing-masing siklus. Nilai rata-rata siklus I adalah 70,04 dan nilai rata-rata siklus II adalah 77,36. Siswa menjadi lebih respon, termotivasi, dan terapresiasi di dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat mengekspresikan kemampuan dan kreatifitas dalam berdiskusi. Akhirnya siswa menjadi lebih aktif dan inovatif karena respons dan simpati yang melekat pada dirinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

unisaedu

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal UNISAedu [p-ISSN 2549-1563 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal UNISAedu ini menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup Ilmu Pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi ...