JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi
Vol 20 No 2 (2021): September 2021

HASIL BELAJAR SKI MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AGAMA MAN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

wahyuni, sri - (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar SKI melalui strategi pembelajaran berbasis cooperative script pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar SKI materi Bangsa Arab Pra Islam siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi Bangsa Arab Pra Islam melalui metode Cooperative Script pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk sebanyak 32 siswa. Dari hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas XI Agama pada pra siklus 65,16, siklus I 69,84, siklus II 82,03, dan siklus III 93,12. Sedangkan untuk presentase kelulusan pada pra siklus 31,25%, siklus I 62,5%, siklus II 84,4%, dan di siklus III 96,8%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk. Kata Kunci: metode pembelajaran, cooperative script, hasil belajar mata pelajaran SKI

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

The mission of JURNAL LENTERA is to encourage scholarly research in religious, scientific and technological studies. The Journal provides a unique peer-reviewed forum to postgraduate students, scholars, professors, and researchers in various topics within the scope. The Journal welcomes research ...