Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah ada pengaruh status social ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Shidqia Islamic School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total samping dengan jumlah sampel sebanyak 150 siswa di SMP Shidqia Islamic School Bekasi. Data yang digunakan adalah analisis regresi Y dan X sebesar 74.431+0.112 X. Dari analisis diperoleh t hit 7.289 dan p-value= 0,002 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian koefisien korelasi X dan Y adalah signifikan, sedangkan hasil pengujian regresi menunjukan bahwa koefisien determinan sebesar 0.393 atau 39,3%. Kondisi sosial ekonomi orang tua yang relatif rendah, sehingga pihak sekolah hendaknya memberikan petunjuk dan informasi kepada orang tua tentang adanya beasiswa yang jelas dan komprehensif agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang prima, dan pihak sekolah serta orang tua juga memberikan motivasi yang maksimal kepada siswa. belajar menjadi kebiasaan yang dilakukan secara rutin. Kata kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Copyrights © 2021