cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No 23-25 Kramatjati, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
ISSN : 25493310     EISSN : 26232901     DOI : 10.37012/jipmht
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para peneliti.
Articles 223 Documents
Evaluasi Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Guru TK (Evaluasi Program Model Krikpatrik di Indonesia Heritage Foundation 2014) Putri Ratih Puspitasari
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan pendidikan karakter pada guru TK. Penelitian ini merupakan evaluasi program dengan menggunakan model kikpatrik yang terdiri dari reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni Januari hingga Februari tahun 2015. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan studi dokumen. Sumber data terdiri dari ketua kelompok, kader, peserta, pelaksanaan pertemuan, dan dokumendokumen BKB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada Dimensi reaksi , seluruh kriteria keberhasilan memenuhi indikator (2) Pada Dimensi pembelajaran, seluruh peserta mengalami peningkatan kompetensi dan dapat mempraktekkan pembelajaran (3) Pada Dimensi perilaku, seluruh indicator terpenuhi (4) Pada Dimensi hasil pelayanan pendidikan mendapat peningkatan yang sesuai dengan kriteria ideal.
Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta Eka Rista Harimurti
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v3i2.94

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Penelitian ini mengambil lokus di LPKA Kelas II Jakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk menggali informasi-informasi terkait dengan kondisi, permasalahan dan kejadian dari penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat menghasilkan gambaran bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan di LPKA Kelas II Jakarta. Dukungan data diperoleh melalui 6 (enam) sumber data yaitu dokumen arsip, rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada analisis kebutuhan. (2) pengadaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan bersumber pada dana pemerintah, sumbangan masyarakat, kerjasama dengan sudin setempat dengan memperhatikan kualitas dan fungsi. (3) pemeliharaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan dilakukan oleh petugas piket harian, pendidik dan anak didik (narapidana anak).
Hubungan Peran Pembimbing Akademik dengan Prestasi Belajar Dina Martha Fitri; Nurhidayah Nurhidayah
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v3i1.81

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk diketahuinya hubungan peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi mahasiswa D-III Kebidanan tingkat II dan III. Dengan jumlah sampel 85 orang. Data yang dipakai adalah data primer menggunakan kuisoner yang di uji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Diolah dan dianalisis menggunakan Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar yang memuaskan yaitu sebanyak 78 (91,7%). Dan terdapat 66 (77,6%) responden mengatakan bahwa peran dosen pembimbing akademik aktif. Hasil uji staistik chi-square di dapatkan bahwa Ha di terima dengan kesimpulan bahwa ada hubungan yang bermakna antara peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar responden. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Mayoritas mahasiwa D-III Kebidanan Tingkat II dan III memiliki prestasi belajar yang memuaskan dan memiliki dosen pembimbing akademik yang berperan aktif. Sehingga di sarankan untuk meningkatkan peran aktif sebagai motivator pada mahasiswa.
A Study on English Vocabulary Size of Students Majoring in International Natural Science Education, Yogyakarta State University Syafrianto Syafrianto; Maria Wulandari
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v2i1.37

Abstract

The current study is an attempt to discover the vocabulary size of students majoring in International Natural Science Education and the developmental pattern of their vocabulary size. The proposed research questions are: (1) What are the vocabulary sizes of students of international natural science education? and (2) Is their vocabulary size different across levels (freshmen, sophomore and junior)? To achieve the research aim, a cross-sectional research design was used. The total number of 79 students from three semesters studying in International Natural Science Education participated in the study. The instrument used was a Vocabulary Size Test developed by Nation and Beglar (2007). A descriptive statistic and an inferential statistics One-Way ANOVA continued by a pos-hoc test (Scheffe) were run in order to answer the proposed research questions. The results of computation revealed that the vocabulary size was 5,271-word families for the freshmen level, 6,142-word families for the sophomore level and 6,524-word families for the junior level. Based on the result of inferential statistics One-Way ANOVA, the student’s vocabulary size across levels are different. The F-ratio indicates that the difference between these groups was 7,369 in the level of significance 0,001. Furthermore, based on the Scheffe test, the significant difference lies between semester 2 and semester 4. Meanwhile, the difference of the vocabulary size between semester 4 and semester 6 was found to be less significant. In general, it can be concluded that there is a difference on the development of student’s vocabulary size reflected by the result of statistical analysis. The developmental pattern of students’ vocabulary size seems to be positive since the higher the level, the larger the students’ vocabulary size.
Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Yudi Hermawan
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.28

Abstract

Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan CAI terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda. Penelitian menggunakan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Klaster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA dengan materi sifat bahan dan perubahan benda, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan uji F. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas tidak homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 3.56. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 34 adalah 1,70. Oleh karena harga thitung lebih besar daripada t tabel (2,26 1,70), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, program CAI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda.
Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun RA I’anatush Shibyan Al-Irsyad 2013 Sopiah Sopiah
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i1.3

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun.Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di I’anatush Shibyan Al-Irsyad sebanyak 40 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 80 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas adalah tes berupa soal dalam bentuk uraian dan instrumen motivasi belajar adalah angket dengan skala likert. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan lebih tinggi daripada anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan alat permainan edukatif buatan; (2) Terdapat interaksi antara alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia dini, (3) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat menggunakan alat permainan edukatif buatan; (4) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik pada kelompok siswa motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif buatan. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar rendah dapat digunakan alat permainan edukatif pabrik.
Pengaruh Konsep Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMP Swasta Noerlina Angraeni
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v3i1.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh konsep diri dan sikap belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemapuan berbahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik acak sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta di Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Pengumpulan data dilakukan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistic deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi dan statistik inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjtkan dengan uji signifikasi koefisien korelasi dengan uji t. penelitian dini dilakukan pada bulan Januari. Hasil penelitian menunjukan : 1) Ada pengaruh positif konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris dengan skor koefisien korelasi sederhana r = 0,767 yang signifikan dan skor koefisien determinasi r2 = 0,589 yang berarti bawha konstribusi konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris sebesar 58,9%. 2) Adanya pengaruh posotif konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kekampuan berbahasa Inggris dengan skor koefisien korelasi sederhana r = 0,677 yang siginfikan dengan t hitung (1,751) t tabel (1,671) pada α = 5% (0,05), dan skor koefisien korelasi = 0,589, yang berarti bahwa kontribusi konsep diri terhadap kemampuan berbahasa Inggris sedang. 3) Terhadap pengaruh sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris dengan hitung ttabel atau (2,7311,671) pada α = 5% (0,05). Hasil penelitian ini, terbukti bahwa konsep diri dan sikap belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalan berbahasa Inggris.
Model Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Berbasis Paradigma Pembelajaran Abad Ke-21 pada Aspek Career and Life Skills (CLS) Ajeng Tina Mulyana
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v2i2.42

Abstract

Preparing students to be skilled in work in the 21st century and able to connect a skill in 21st century teaching/Partnership for Teaching 21st Century Skill (P21) this articulates that students are expected to become successful individual citizens in working in the 21st. The pedagogic goes from traditional core skill to teaching paradigms of the 21st century. This 21st century paradigm is indispensable to ensure that at graduation students must be able to prepare themselves for work and other skills most in demand in the 21st century, namely career and life skills (CLS). This study aims to produce appropriate Indonesian language teaching materials with student learning needs in the 21st century. The research method used is development research (R D). This research will find and develop language teaching materials consisting of aspects of skills; listening, speaking, reading and writing, and linguistic aspects; such as grammar, vocabulary, language awareness, and language for cultural togetherness, and combining career and life skills (CLS) aspects consisting of leadership, initiative, flexibility, accountability, adaptation, social and cross-cultural skills, productivity and efficiency. Conclusion: (i) the content of Indonesian language teaching materials must adjust to the times, (ii) the teaching materials used today still have deficiencies in the aspects of content, and supporting completeness. Research suggestions: (i) teaching materials must be able to provide learning experiences and have an impact on graduates in their careers and lives, (ii) this research can be used as a reference in conducting development research.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Penerapan Metode Qiraati terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Saat Safaat
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v2i1.33

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Iman, Tanah Baru, Depok. Diperoleh keterangan bahwa kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati dalam proses pembelajaran sudah baik akan tetapi masih ada siswa yang kurang dalam kemampuan baca Al-Qur’an. Berdasarkan fenomena empirik yang terjadi dilapangan maka penulis merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati terhadap kemampuan baca Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan baca Al-Qur’an dan pengaruh penerapan metode Qiraati terhadap kemampuan baca Al-Qur’an. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Iman, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok yang berjumlah 450 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 115 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengujian persyaratan analisis, pengujian hipotesis, dan mendescripsikan hasil penelitian.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa: 1)Variabel Kompetensi Pedagogik guru memberikan pengaruh nyata terhadap kemampuan baca Al-Qur’an dengan nilai korelasi sebesar 73,8% 2). Variabel penerapan metode Qiraati memberikan pengaruh nyata terhadap kemampuan baca Al-Qur’an dengan nilai korelasi sebesar 57,0% dan 3). Kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati memberi pengaruh terhadap kemampuan baca Al-Qur`an dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 57,1%. Ini memberikan makna bahwa kemampuan baca Al-Qur`an sangat dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati yang baik, sehingan harus dikembangkan terus menerus agar kemampuan baca Al-Qur`an makin baik, benar dan meningkat.
Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Perencanaan belajar (Study kasus pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan) Endang Iryani
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v1i2.24

Abstract

Pengajar atau guru dengan perencanaan mengajar merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kemampuan guru dalam merencanakan belajar mengajar di dalam kelas mampu memberikan penilaian terhadap kemampuan seorang guru. Jika guru tidak bisa membuat perencaan belajar yang sesuai dengan keinginan siswanya dikelas maka guru tersebut dianggap gagal untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Perencanaan belajar yang dibuat guru akan menjadi satu kesatuan dengan harapan siswa dikelas (motivasi). Guru bisa mengetahui harapan dan keinganan siswa dengan menganalisa dari karakter siswa tersebut. Motivasi yang melekat dalam diri siswa juga mempengaruhi gaya, dan tujuan siswa belajar dikelas. Sebab, motivasi secara tidak langsung mampu memberikan dorongan tersendiri terhadap keinginan siswa dalam belajar. Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengadakan analisa terhadap perencanaan guru dan motivasi siswa dalam belajar mengajar. Peneliti mengambil objek pada siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Dengan penelitian kuantitatif dan metodepenelitian T-Test, kesimpulan dari penelitian ini adalah: a) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi koefisien thitung sebesar 10,115 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan diatas diperoleh nilai thitung (10.115) ttabel (1,684), maka Ho ditolak dan Hi diterima atau dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hasil statistik tersebut menunjukkan bahwa perencanaan belajar siswa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Artinya makin baik perencanaan belajar siswa, maka akan semakin meningkat pula motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Perencanaan belajar siswa ditentukan olehindikator seperti psikologis, social, fisik, financial, pemenuhan kebutuhan, upah, keamanan kerja, kondisi kerja,status, prosedur, prestasi, pengakuan, pekerjaan, tanggung jawab, kemajuan. b) Dari hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan dapat dihubungi oleh perencanaan belajar siswa dengan signifikansi thitung 10.539 pada taraf signifikansi 0,05.Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan perencanaan belajar siswa secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Prestasibelajar dipengaruhi oleh indikator seperti ketelitian, fokus, bersikap adil, rasional, gunakan waktu, kecakapan, menyelesaikan tugas, persaingan yang sehat, perilaku, mengarahkan, iklim sekolah, potensi, jenjang pendidikan, melatih siswa, faedah.

Page 1 of 23 | Total Record : 223