Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) Workshop peningkatan kinerja tenaga pendidik; (2) Pengamatan MGMP dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik; (3) Intensitas pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Limboto disusun setiap awal semester atau awal tahun pelajaran oleh tim pengembangan sekolah yang meliputi program tahunan dan program semester yang terdokumentasi dengan baik. Pada umumnya berkaitan dengan pembelajaran yang berkualitas yang di mulai dengan pembuatan RPP; (2) Straegi kepala sekolah melalui program MGMP, dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja guru melalui kerja sama antara sesama guru secara berkala untuk menumbuhkan budaya sekolah. (3) evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu berupa supervisi akademik dilaksanakan pada setiap akhir semester melalui kunjungan kelas untuk menilai kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021