Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Pengembangan Model Garden-Based Learning Meningkatkan Perilaku Prososial Anak usia dini

Danang Hardiansyah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Arif Rohman (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Ellia Deviyanti (Sekolah Dasar Negeri 9 Punduh Pedada, Pesawaran)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Perilaku sosial anak seharusnya dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan dalam pengembangan model garden-based learning untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model ADDIE, dengan subjek penelitian sebanyak 33 anak usia 5-6 tahun. Analisis data yang  digunakan adalah uji nonparametric dan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian ini menunjukan negative ranks antara hasil pretest dan posttest adalah 0, nilai ini menunjukan tidak adanya penurunan nilai pretest ke posttest. Positif ranks antara hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan, mean rank tersebut adalah 17.00, nilai Ties 0 maka tidak adanya nilai yang sama antara pretest dan posttest. Diketahui Asymp.sig (2.tailed) bernilai 0.000, hipotesis diterima karena nilai 0.000 0.05, artinya ada perbedaan nilai pretest dan posttest, disimpulkan pengembangan model garden-based learning mampu meningkatkan perilaku prososial anak usia dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...