Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Analisis Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi

Upik Wulan Handayani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Ruli Hafidah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Novita Eka Nurjanah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan kebijakan di berbagai sektor di Indonesia, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pendidikan di Indonesia mengubah kebijakan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini menganalisis kecerdasan emosi anak usia 5-6 tahun pada saat pembelajaran daring selama pandemi. Kecerdasan emosional anak mengalami perubahan selama pandemi covid-19. PeneIitian ini merupakan peneIitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data daIam peneIitian ini adaIah orang tua dan anak yang berjumlah 71 anak. Teknik pengumpuIan data diIakukan meIaIui penyebaran angket secara onIine meIaIui google form. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembeIajaran daIam jaringan seIama pandemi dengan kecerdasan emosionaI anak usia 5-6 tahun. Hubungan tersebut dapat dibuktikan dengan perubahan emosionaI anak seIama pembeIajaran daIam jaringan diIaksanakan. Anak menjadi kurang dapat mengontrol emosi, kurang memiliki motivasi dalam belajar serta kurangnya sosialisasi dengan orang lain

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...