Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah
Vol 28 No 02 (2021): Oktober 2021

Strategi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat

Choir, Miftachul (Unknown)
Sujono, Gatot (Unknown)
okhman, Mauhibur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat di MI Darussalam serta langkah-langkah strategis madrasah dalam menumbuhkan minat masyarakat di MI Darussalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, wali murid, dan masyarakat sekitar. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menggunakan analisis SWOT mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat di MI Darussalam. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor internal yang terdiri dari kelemahan dan kekuatan dan faktor eksternal yang terdiri dari ancaman dan peluang. Setelah menganalisis faktor-faktor tersebut diperoleh langkah-langkah strategis yaitu: 1) Melakukan perbaikan internal tata kelola lembaga dan sumber daya manusia serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. 2) Melakukan inovasi program kegaiatan yang berorientasi peningkatan potensi dan prestasi siswa serta mengikutkan siswa dalam kompetisi lomba antar sekolah. 3) Melalakukan inovasi pembiayaan dengan menjalin kerjasama dengan sponsor, memanfaatkan koperasi madrasah, serta menjalin hubungan yang baik dengan wali murid melalui komite madrasah. 4) Mempercepat pembangunan sarana gedung yang terpisah dengan unit lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tasyri

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

The scopes of the journal include the following topic areas: Teachers Education of Economy, Curriculum and Teaching, Education of Economy, Learning Media Education of Economy, Leadership and Management of Education of Economy, Information Technology, Communication and Education of Economy, ...