Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 10 No. 3 (2021): DIDAKTIKA Agustus 2021

Peningkatan Penguasaan Mufradat Siswa Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo

Hasnidar (MTs Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatkan penguasaan mufradat siswa melalui media kartu bergambar pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses dan tingkat penguasaan mufradat melalui media kartu bergambar pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTsN Palopo. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh selanjutnya dinalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yang dikuantifikasi untuk mentukan hasil nilai dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan penguasaan mufradat siswa melalui media kartu bergambar pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo. Hasil tes keberhasilan siswa pada siklus pertama dan siklus kedua terdapat peningkatan secara klasikal dengan persentase ketuntasan peserta didik pada pra siklus (sebelum) dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar sebesar 44%, pada siklus pertama pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar persentase ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 64% dan perlu adanya peningkatan. Pada siklus kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar meningkatkan persentase ketuntasan peserta didik menjadi 88% yang berada pada klasifikasi sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...