Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8 No 1 (2019): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA

Muhammad Irwansyah (STKIP Bima)
Ferawati Ferawati (STKIP Bima)
Erni Suryani (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
27 May 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Bima tahun ajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Bima dengan menggunakan model pembelajaran PBLterintegrasi pendidikan karakter. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata sebesar 75% dan rerata siklus II sebesar 85%, mengalami peningkatan sebesar 10% dengan Gain Score 0,5 tergolong sedang

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...