Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8 No 2 (2019): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA

Mei Indra Jayanti (stkipbima.ac.id)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2019

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia yang diketahui melalui data dari tes PISA 2015 merupakan masalah besar yang perlu diselesaikan. Model pembelajaran 5E adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme sehingga siswa dapat membangun pengetahuan mereka sendiri melalui pengalaman langsung selama pembelajaran, dengan begitu keterampilan proses sains peserta didik dapat dibentuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 5E dalam meningkatkan keterampilan proses sains biologi peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 4 Kota Bima pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 4 (empat) kelas. Sampel diperoleh melalui teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data keterampilan proses sains diperoleh dengan menggunakan lembar tes keterampilan proses sains. Analisis data dibantu dengan perangkat lunak SPSS 20 for windows menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran 5E dapat mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didk kelas XI SMA dengan hasil pengujian menggunakan uji t menunjukkan nilai sig. 0,033 <0,05.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...