QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 12, No 2 (2021): Oktober 2021

PERBANDINGAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA

A Asmawati Saad (Pelamonia High School of Health Sciences of Makassar Makassar Of University)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini adalah Quasi experiment dengan desain penelitian The Static Group Pretest-Posttest Design. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar IPA Peserta didik yang diajar dengan menggunakan media powerpoint pada model discovery learning; (2) untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar melalui media gambar  pada model discovery learning; (3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media powerpoint dan media gambar pada model discovery learning. Penelitian ini dilakukan di MTsN Mangempang Barru pada kelas VII1 dan VII2 semester genap. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah  media powerpoint  pada model discovery learning dan  media gambar pada model discovery learning, sedangkan variabel tak bebas  yaitu peningkatan hasil belajar IPA. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis secara deskriptif dan  inferensial. Pengujian data hasil belajar IPA untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua duanya berasal dari populasi yang berdistribusi normal pada taraf nyata=0,05. Hasil analisis diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar  IPA peserta didik yang diajar menggunakan media powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar dengan media gambar. Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media powerpoint dan yang diajar menggunakan media gambar pada model. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media powerpoint dan media gambar pada model pembelajaran Discovery learning sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IP, tetapi media powerpoint ternyata lebih besar pengaruhnya daripada pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media powerpoint dapat berperan dalam pencapaian hasil belajar IPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...