QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 12, No 2 (2021): Oktober 2021

PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

N. P. Anggi Putri Mijaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
A. A. I. Agung Rai Sudiatmika (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Suardana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran Levels of Inquiry yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick dan Carey, meliputi 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi dan 5) evaluasi.  Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket dan tes literasi sains. Adapun rancangan penelitian untuk uji keefektivitasan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul sangat valid dari segi materi (KVG=0,89), media (x ̅=96,75), dan bahasa (x ̅=97,45) (2) e-modul sangat praktis dari praktisi guru (x ̅=91,83) dan praktisi siswa (x ̅=91,53), (3) e-modul efektif meningkatkan literasi sains siswa dengan kualifikasi sedang (<g>=0,52). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul pembelajaran IPA SMP kelas VII berbasis model pembelajaran Levels of Inquiry untuk meningkatkan literasi sains siswa memperoleh penilaian yang valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...