Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 4, No 2 (2021): July

Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa

Wulandini, Ni Putu Wina (Unknown)
Wiweka, I Wayan Eka (Unknown)
Bayu, Gede Wira (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam masa pandemi mengakibatkan menurunnya hasil belajar. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang tidak tepat sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode diskusi pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, refleksi dan observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD, yang berjumlah 12 orang siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 66,66% dengan nilai rata-rata 70,83. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,88% dengan nilai rata-rata 80,83. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi pada pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...