Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri 1 Mungkid” dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan sebagai pengganti kegiatan belajar secara tatap muka karena akibat dari wabah Covid-19 yang berdampak pada bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh informasi mengenai adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran jarak jauh di SMP N 1 Mungkid; (2) memperoleh informasi mengenai signifikansi pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran jarak jauh di SMP N 1 Mungkid; (3) memperoleh informasi mengenai besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran jarak jauh di SMP N 1 Mungkid. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh orang tua siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Mungkid berjumlah 124 dan sampel berjumlah 95 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 1 Mungkid dengan hasil perhitungan uji regresi sederhana tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05, (2) Terdapat pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 1 Mungkid dengan nilai F hitung sebesar 13,814 sedangkan ftabel sebesar 3,94, (3) Besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 1 Mungkid dengan hasil uji regresi diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,129 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 12,9%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan untuk evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IX mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Mungkid.Kata Kunci: Pola Asuh , Hasil Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh.
Copyrights © 2021