Strategi pemasaran merupakan suatu strategi dalam memasarkan produk yang digunakan pelaku usaha agar mampu bersaing di dunia bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menetapkan strategi bersaing usaha kedai kopi. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan menggunakan data primer maupun data sekunder melalui wawancara observasi, dan pengambilan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis SWOT, analisis internal dan eksternal. Melalui proses IFAS (Internal Strategy Factor Analisis Sumarry) dan EFAS (Eksternal Strategy Factor Analisis Sumarry), bahwa Momentum Kopi memiliki hasil pada nilai skor kekuatan sebesar 0,92, kelemahan sebesar 0,7 , peluang sebesar 1,20 , ancaman 0,35. Berdasarkan gambar diagram analisis SWOT yang telah diketahui menunjukkan bahwa Momentum Kopi berapa pada kuadran I (satu), dan situasi ini berarti bahwa Momentum Kopi memiliki peluang dan kekuatan lebih besar sehingga dapat mengerahkan faktor internal untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang dapat dilakukan apabila suatu bisnis berada di kuadran tersebut dalam kondisi seperti ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth-oriented strategy).
Copyrights © 2021