Membaca merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa SD. Melalui membaca, siswa dapat memperoleh pengetahuan, wawasan, informasi, dan pengalaman-pengalaman baru. Ada banyak jenis kemampuan membaca, salah satunya Adalah kemampuan membaca permulaan. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang mendasari kemampuan untuk tahap-tahap berikutnya. Kemampuan ini harus dimiliki oleh siswa SD, khususnya untuk kelas-kelas awal. Karena, jika kemampuan dasar ini tidak kuat, maka pada tahap membaca lanjut siswa akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, kemampuan membaca permulaan ini perlu mendapat perhatian lebih dari guru. Namun pembelajaran membaca permulaan ini tidak serta merta mudah untuk diajarkan. Karena menurut Sugiarto (2002) mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang menghambat keberhasilan dalam membaca, faktor-faktor tersebut datang dari guru, anak, materi pembelajaran, metoe pengajaran serta kondisi lingkungan. Menyadari faktor-faktor tersebut, maka salah satu cara agar pembelajaran membaca permulaan itu optimal, guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode membaca permulaan yang dapat diterapkan adalah metode multisensori. Metode ini dipandang sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan memperhatikan individu dengan masing-masing kemampuannya, baik visual, audio, maupun kinestetik
Copyrights © 2019