Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 44, No.1 (2014)

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM S1 PGSD DI UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UT DIY

Sri Lastuti (STKIP Tamansiswa Bima NTB)
Amat Jaedun (FT UNY)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan program S1 PGSD di UPBJJ UT DIY berdasarkan terpenuhi tidaknya kebutuhan guru serta input yang meliputi latar belakang pendidikan mahasiswa, kualifikasi pendidikan tutor, ketersediaan sarana dan prasarana, keterpenuhan process, pelaksanaan tutorial, penilaian tutorial, keterpenuhan product, masa studi mahasiswa, dan keterpenuhan outcome. Sampel penelitian mahasiswa yang masih aktif mengikuti tutorial sejumlah 160, 25 orang tutor, 63 kepala sekolah, dan 181 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan guru SD di DIY belum terpenuhi. Latar belakang pendidikan mahasiswa sebagian besar berasal dari SLTA/SMA. Kualifikasi pendidikan tutor, perencanaan tutorial, dan evaluasi pelaksanaan tutorial termasuk dalam kriteria baik, sedangkan ketersediaan sarana dan prasarana serta pelaksanaan tutorial  termasuk dalam kriteria cukup (belum memadai). IPK dan masa studi mahasiswa dalam kriteria memuaskan dan pendek. Persepsi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebelum dan setelah lulus dari S1 PGSD UT DIY secara umum mengalami peningkatan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...