ISTORIA
Vol 17, No 2 (2021): ISTORIA Edisi September, Vol. 17. No. 2

POTENSI PRASASTI SUMUṆḌUL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Naufal Raffi Arrazaq (Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada)
Daud Aris Tanudirjo (Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis relevansi isi Prasasti Sumuṇḍul dengan kompetensi dasar mata pelajaran IPS serta menganalisis potensi isi Prasasti Sumuṇḍul sebagai sumber pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prasasti Sumuṇḍul memiliki relevansi dengan kompetensi dasar serta indikator mata pelajaran IPS jenjang SMP/MTs kelas VII. Kompetensi dasar dan indikator tersebut membahas mengenai aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan masa Kerajaan Mataram Kuno. Isi Prasasti Sumuṇḍul membantu peserta didik untuk mengetahui beberapa aspek materi pembelajaran mengenai Kerajaan Mataram Kuno yaitu (1) struktur pemerintahan, (2) pejabat pemerintahan, (3) sistem penanggalan, (4) pembangunan sarana irigasi, (5) alat pertukaran, serta (6) pelestarian peninggalan sejarah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

istoria

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Istoria is a high quality research journal that is published by History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS). Journal Istoria is providing a platform that welcomes ...