JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 1: April 2021

PENGARUH TEKNIK KONSELING ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI SISWA

Hartati, Aluh (Unknown)
Ahmad, Hariadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Masa remaja adalah masa dimana lebih  matangnya mental, kematangan emosinya serta fisik yang semakin tumbuh seperti siswa yang takut berpendapat jujur dengan perasaannya, tidak terbuka, tidak menghargai pendapat temannya sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, oleh karena itu peneliti menggunakan teknik Assertive Training untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan mengenai pengendalian emosi tersebut.Berdasarkan masalah diatas rumusan maslah yang diambil adalah apakah Ada Pengaruh Teknik Konseling Assertive Training Terhadap Pengendalian Emosi Siswa. Dengan tujun untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Teknik Konseling Assertive Training Terhadap Pengendalian Emosi Siswa. Populasi dalam penelitian ini adlah 54 siswa, penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling.sampel yang ditemukan berjumlah 10 siswa.Penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis t hitung sebesar 7,856 dengan nilai t table pada taraf signifikan 5% dengan d.b (N-1) = 9 sebesar 2,262. Dengan demikian nilai t hitng lebih besar dari pada nilai t tabel (7,8562,262).Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh konseling teknik assertive training terhadap pengendalian emosi siswa. Artinya hasil penelitian ini signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...