Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis karya tulis ilmiah dan mengkaji peningkatan hasil pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa MA Mizanul Ulum YW UMI Sanrobone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan penugasan. Data dianalisis dengan menggunakan deskriprif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa MA Mizanul Ulum YW-UMI Sanrobone. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil belajar siswa siklus 1 yang memperoleh nilai rata-rata yaitu 64 Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81.
Copyrights © 2021