INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Volume 2 Number 3 October 2021

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH

Rahmat, Rahmat (Unknown)
Puspitasari, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis karya tulis ilmiah dan mengkaji peningkatan hasil pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah  siswa MA Mizanul Ulum YW UMI Sanrobone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan penugasan. Data dianalisis dengan menggunakan deskriprif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa MA Mizanul Ulum YW-UMI Sanrobone. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil belajar siswa siklus 1 yang memperoleh nilai rata-rata yaitu 64 Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Indonesia

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal, with e-ISSN 2720-9377. It has been published by the Department of Indonesian Language Education, Faculty of Language and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi ...