Abstrak: Pandemi Covid-19 menuntut guru untuk menyusun strategi pembelajaran maharah qira’ah dengan baik. Sehingga pembelajaran berdampak baik bagi perkembangan keterampilan siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran maharah qira’ah yang dilakukan guru pada era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD IT Nurul Ikhlas Padang, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan triangulasi data dan sumber data, sedangkan tahap validasi data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran maharah qira’ah di era pandemi dilakukan menggunakan media elektronik Whatsapp, Google Classroom dan Youtube melalui pendampingan penuh dari guru. Kajian ini merekomendasikan penelitian lanjutan untuk menguji efektivitas pembelajaran maharah qira’ah menggunakan media online bagi siswa tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2021