Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 2: Juni 2021

Maharah Qira'ah Learning Strategy for Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Students During Covid-19 Pandemic

Apri Wardana Ritonga (Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Aulia Fitri (Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 menuntut guru untuk menyusun strategi pembelajaran maharah qira’ah dengan baik. Sehingga pembelajaran berdampak baik bagi perkembangan keterampilan siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran maharah qira’ah yang dilakukan guru pada era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD IT Nurul Ikhlas Padang, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan triangulasi data dan sumber data, sedangkan tahap validasi data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran maharah qira’ah di era pandemi dilakukan menggunakan media elektronik Whatsapp, Google Classroom dan Youtube melalui pendampingan penuh dari guru. Kajian ini merekomendasikan penelitian lanjutan untuk menguji efektivitas pembelajaran maharah qira’ah menggunakan media online bagi siswa tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...