Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V Melalui Implementasi Metode Bermain Peran Di SDN No 08 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengimplementasikan metode bermain peran diperoleh minat belajar siswa rendah pada mata pelajaran IPS diatas pada siklus I yakni hanya 12 siswa yang memperoleh skor 70 dengan persentase sebesar 67%, kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh minat belajar yang tinggi yakni 14 siswa yang memperoleh skor 70 dengan persentase sebesar 78%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 56% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,2%, atau terjadi peningkatan sebesar 16,2%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019