JITRO (Jurnal Ilmiah dan Teknologi Peternakan Tropis)
Vol 8, No 3 (2021): JITRO, September

Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Permintaan Daging Ayam Broiler (Studi Kasus Konsumen pada Perternak UD. Barokah Kabupaten Muna)

Sinaini, La (Unknown)
Baru, La (Unknown)
Erniati, Erniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

ABSTRAK Daging ayam broiler merupakan jenis makanan bergizi yang sangat popular dikalangan masyarakat yang bermanfaat sebagai sumber protein hewani. Pemenuhan kebutuhan protein hewani yang bersumber dari daging ayam broiler tersebut terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor sosial ekonomi konsumen terhadap permintaan daging ayam broiler pada UD. Barokah di Kabupaten Muna. Metode penelitian menggunakan metode aksidental. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan regresi linear berganda dengan bantuan softwere SPSS.16. Fungsi permintaan menggunakan model Cobb-Douglass. Hasil penelitian menunjukkan faktor sosial ekonomi konsumen daging ayam broiler berupa usia responden berada pada kategori produktif (25-60) tahun yaitu sebanyak 90%, kategori berpenghasilan <Rp 2.000.000 (rendah)  sebanyak 77%, kategori jumlah anggota keluarga 3-5 orang (sedang) sebanyak 60%, kategori jumlah permintaan <4 kg (kecil) sebanyak 65%, Secara statistik faktor pendapatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap permintaan daging ayam broiler, sedangkan faktor umur dan jumlah anggota rumah tangga berpengaruh tidak signifikan terhadap permintaan daging ayam broiler. Kata kunci: daging ayam broiler, konsumen, permintaan, dan sosial ekonomi.The Influence of Socio-Economic Factors on the Demand for Broiler Chicken (Case Study Consumer UD Barokah Muna Regency)ABSTRACTBroiler chicken meat is a type of nutritious food that is very popular among the public which is useful as a source of animal protein. The fulfillment of animal protein needs to be sourced from broiler chicken meat continues to increase from year to year. The purpose of this study was to determine the effect of consumer socio-economic factors on the demand for broiler chicken meat at UD. Barokah in Muna Regency. The research method uses the accidental method. Sources of data used are primary data and secondary data. The data obtained were then analyzed descriptively qualitatively and multiple linear regression with the help of SPSS.16 software. The demand function uses the Cobb-Douglass model. The results showed that the socio-economic factors of broiler meat consumers in the form of consumer age were in the productive category (25-60) years as much as 90%, the category of income < Rp 2,000,000 (low) was 77 %, the category of the number of family members 3-5 people (medium) as much as 60%, the category of the number of requests < 4 kg (small) as much as 65%. Statistically, the income factor has a significant effect on the demand for broiler meat, while the age factor and the dependents of the consumer's family have no significant effect on the demand for broiler meat.Keywords: broiler meat, consumer, demand, socio-economic

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JITPT

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis (JITRO) adalah jurnal ilmiah mempublikasikan hasil penelitian dan review bidang ...