Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kuperan dan Baperan Untuk Pembelajaran Number Sense

Mustika Kurniasari (Universitas Negeri Surabaya)
Siti Maghfirotun Amin (Universitas Negeri Surabaya)
Wiryanto Wiryanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penggunaan media pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) dimaksudkan agar siswa dapat mempelajari matematika yang obyeknya abstrak dengan menggunakan pendekatan atau benda yang konkrit. Di sisi lain, kemampuan pemahaman bilangan dan penggunannya atau biasa dikenal sebagai number sense bagi siswa SD merupakan landasan penting bagi kesuksesannya belajar dimasa depan. Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang pengembangan media pembelajaran “Saku Operasi Bilangan Bulat (KUPERAN)” dan “Batang Operasi Bilangan Bulat (BAPERAN)” untuk pembelajaran number sense. Tujuan yang hendak dicapai adalah terbangunnya media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran number sense yang memenuhi kriteria media berkualitas yakni valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Hasil yang diperoleh yakni dapat dibangun media pembelajaran KUPERAN dan BAPERAN yang valid (berdasarkan hasil validasi), praktis (berdasarkan hasil penerapan pada tahap ujicoba), dan efektif (berdasarkan capaian pada proses dan hasil pembelajaran) dalam pembelajaran number sense pada materi operasi hitung bilangan bulat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...