Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Analisis Penggunaan TIK Dengan Aplikasi Dalam Pembelajaran Daring di SD N 17 Kayuagung

Muhammad Dhori (UIN Sunan Kalijaga)
Muqowim Muqowim (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Tiara Nurhayati (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Sebuah b- strate .Penulisan ini dibuat untuk menganalisis pemanfaatan TIK melalui aplikasi dalam pembelajaran online di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan deskriptif. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Dimana proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan di lingkungan sekolah kini menjadi proses pembelajaran online yang dilakukan di rumah. Penggunaan TIK berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran di masa pandemi saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat seperti guru dapat menghubungi siswa menggunakan internet melalui aplikasi seperti whatsapp group, google class, zoom, dll. Kemudian Kemendikbud telah memfasilitasi pembelajaran online secara gratis dengan pembagian kuota gratis untuk penyampaian materi pembelajaran tingkat SD dengan menggunakan aplikasi guna membantu proses pembelajaran online seperti aplikasi Google Classroom dan aplikasi Zoom cocok untuk kalangan atas. penggunaan kelas, sedangkan aplikasi grup WhatsApp cocok digunakan di kelas rendah. Saat proses pembelajaran online berlangsung, siswa tetap akan diawasi oleh orang tua/wali dan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. sedangkan aplikasi grup whatsapp cocok digunakan di kelas bawah. Saat proses pembelajaran online berlangsung, siswa tetap akan diawasi oleh orang tua/wali dan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. sedangkan aplikasi grup whatsapp cocok digunakan di kelas bawah. Saat proses pembelajaran online berlangsung, siswa tetap akan diawasi oleh orang tua/wali dan guru agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.Abstrak. Penulisan ini dibuat untuk menganalisis penggunaan TIK melalui aplikasi dalam pembelajaran daring di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif bersifat library researt. Pandemi Covid-19 amat sangat berpengaruh untuk bidang pendidikan khususnya di Indonesia. Dimana proses belajar mengajar yang tadinya dilaksanakan dalam lingkungan sekolah sekarang proses belajar daring yang dilaksanakan dirumah sendiri. Penggunaan TIK berpengaruh signifikan pada proses pembelajaran di masa pandemi saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah berkembang pesat seperti guru dapat menghubungi peserta didik menggunakan internet dengan melalui sebuah aplikasi seperti whatsapp group, google class, zoom, dll. Kemudian kemendikbud telah memfasilitasi belajar daring secara gratis dengan pembagian kuota gratis untuk menyampaikan materi belajar tingkat sekolah dasar dengan menggunakan aplikasi agar dapat membantu proses pembelajaran daring seperti aplikasi google classroom dan aplikasi zoom cocok digunakan kelas tinggi sedangkan aplikasi whatshapp group cocok digunakan pada kelas rendah. Pada saat proses pembelajaran daring berlangsung peserta didik akan tetap di awasi oleh orang tua/wali dan guru supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...